PANDUAN
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................... ii
IDENTITAS PESERTA...................................................................... 1
KATA PENGANTAR......................................................................... 2
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang........................................................................ 3
2. Landasan Hukum..................................................................... 4
3. Tujuan..................................................................................... 4
B. TIME SCHEDULE......................................................................... 5
C. TEKNIS PENGISIAN JURNAL..................................................... 6
D. LAPORAN PRAKERIND.............................................................. 9
E. PENJELASAN............................................................................... 10
Lampiran............................................................................................. 11
ii
__________________________________________________________
iv
IDENTITAS PESERTA
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
1. Nama Lengkap : …………………………………………………..
2. Tempat dan Tanggal Lahir : …………………………………………………..
3. Golongan Darah : …………………………………………………..
4. Alamat
Sekolah : SMK Negeri Nusawungu,
Jl. Perintis, Klumprit, Nusawungu, Kab. Cilacap
Telp. / Fax. (0282) 5500450
E mail smkn_nswg@yahoo.co.id
Siswa : …………………………………………………..
…………………………………………………..
5. Orang Tua / Wali
a. Nama Ayah / Wali : …………………………………………………..
Pekerjaan : …………………………………………………..
Alamat : …………………………………………………..
…………………………………………………..
6. Industri Tempat Prakerin
a. Nama Industri : …………………………………………………..
Alamat : ...……………………………...………………
...……………………………...………………..
b. Nama Industri : ………………………………………………….
Alamat : ...……………………………...………….......
...……………………………...………………..
c. Nama Industri : …………………………………………………
Alamat : ...……………………………...……………...
...……………………………...………………..
Nusawungu, ……………….. Peserta Prakein |
iii
_____________________________________________________________
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah Swt. atas tersusunnya buku panduan prakerin siswa ini. Penyusunan buku panduan ini bertujuan sebagai pedoman siswa melaksanakan prakerin. Sebagai pedoman pelaksanaan prakerin, buku ini berisi hal – hal umum dan teknis tentang pelaksanaan Prakerin meliputi :
- Pendahuluan
- Time schedule pelaksanaan prakerin SMK Negeri Nusawungu Teknis Pengisian Jurnal
- Pembuatan Laporan Prakerin
Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi siswa SMK Negeri Nusawungu dalam melaksanakan prakerin dengan baik, sehingga tujuan pelaksanaan prakerin dapat tercapai.
Nusawungu, Januari 2012
Penyusun
Seksi Prakerin
SMK Negeri Nusawungu
iv
_____________________________________________________________
B. LANDASAN HUKUM
C. TUJUAN
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan sistem Ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dengan tuntutan keahlian profesional tertentu di lapangan kerja melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja. Keberhasilan program ini akan sangat mendukung peningkatan mutu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan tenaga tingkat menengah dan sekaligus meningkatkan mutu sekolah. Oleh karena itu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dan relevan sangat diharapkan.
Sesuai dengan kurikulum SMK Edisi 2004, maka pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dapat dilaksanakan pada semester V. SMK Negeri Nusawungu akan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada awal Tahun Pelajaran Baru. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah persiapan dan pelaksanaannya secara cermat dan teliti.
Adapun latar belakang Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah sebagai berikut :
a. Era globalisasi membawa persaingan yang semakin ketat dan semaking tajam. Masa depan yang semakin cerah hanya bagi negara yang sungguh-sungguh.
b. Indonesia berada dikawasan yang telah melahirkan beberapa negara insustri baru, harus secara dini dipersiapkan diri dengan berbagai keunggulan (Kompetitif dan komperatif) untuk menghadapi persaingan.
c. Pembangunan di Indonesia masih memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Pendidikan sebagai asset bangsa diharapkan mampu menghasilkan manusia produktif yang mampu menciptakan produk unggulan dalam rangka persaingan pasar bebas.
d. Keahlian profesi adalah andalan utama menentukan keunggulan Indonesia . Guna mewujudkan hal tersebut diperlukan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yang tinggi untuk menghadapi ekonomi global masa kini maupun yang akan datang.
e.
Keahlian profesional pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan , teknik dan kiat. Unsur ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari, tetapi unsur kiat tidak dapat diajarkan akan tetapi dikuasi yaitu melalui mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah ukuran keahlian profesional tubuh melalui pengalaman kerja.
|
f. Berbagai bidang keahlian profesional di Indonesia telah membuktikan keahlian nyata seorang diperoleh melalui pengalaman langsung mengerjakan pekerjaan profesinya, tetapi secara umum belum memperoleh pengakuan masyarakat.
g. Dengan mengikuti garis kebijaksanaan tersebut diatas dan mempelajari keadaan di Indonesia sekarang dan serta prinsip penguasaan keahlian profesi, sudah waktunya dilaksanakan “SISTEM GANDA” di Indonesia , yang merupakan perpaduan saling mengisi dan saling melengkapi antara pendidikan di sekolah dan keahlian profesi yang didapatkan melalui pengalaman kerja.
h. Pendidikan sistem ganda akan menjadi salah satu pendidikan yang paling efektif untuk mendekati kesesuaian antara Supplay dan Demand ketenaga kerjaan sesuai kebijksanaan Departemen Pendidikan Nasional tentang “LINK and MATCH”.
B. LANDASAN HUKUM
Sebagai dasar pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda adalah :
1. Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
3. Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang Peranan Masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
4. Kepmendikbud No. 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan.
5. Kepmendikbud No. 080/U/1999 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.
C. TUJUAN
1 Mengembangkan ketrampilan pekerjaan yang meliputi pengetahuan , ketrampilan dan sikap etos kerja, baik untuk pekerja tingkat awal maupun lanjut.
2. Memperkokoh keterkaitan antara sekolah, dunia kerja dan prospek kerja peserta didik untuk mencapai pengembangan kemampuan dan pribadi utuh, terpadu sinkron dan berjalan secara sistematis.
3. Memudahkan pengembangan karir dan ketrampilan kehidupan melalui eksplorasi di tempat kerja.
4. Memudahkan pengembangan dan pendewasaan pribadi peserta didik melalui pengalaman kerja.
__________________________________________________________
B. TIME SCHEDULE PRAKERIN
SMK Negeri Nusawungu Tahun Pelajaran 2010/2011
No | Uraian Kegiatan | Pelaksanaan |
1 | Rapat kordinasi Pokja | 15 Juli 2010 |
2 | Edaran Pelaksanaan Prakerin untuk orangtua | 16 Januari 2011 |
3 | Penyampaian jadual mencari lokasi DUDI dan daftar DUDI | Agust 2010 - Jan 2011 |
4 | Rekap Lokasi DUDI yang telah masuk | 1 Februari 2011 |
5 | Penyiapan MOU Prakerind | Feb.– Maret 2011 |
6 | Penandatanganan MOU Prakerind | Maret – April 2011 |
7 | Penyiapan buku jurnal dan panduan prakerin | Oktober 2010 |
8 | Penentuan dan pembagian guru pembimbing | 1 – 8 Februari 2011 |
9 | Koordinasi dengan guru pembimbing | 1 – 8 Februari 2011 |
10 | Pembekalan Prakerin | 22 – 27 Feb. 2011 |
a. Khusus | ||
b. Umum | ||
11 | Pemberian | Februari 2011 |
12 | Pelepasan Peserta Prakerin | 28 Pebruari 2011 |
13 | Penyerahan Peserta prakerin ke DUDI | 1- 8 Maret 2011 |
14 | Pelaksanaan Prakerin | 1 Maret – 30 April 2011 |
15 | Monitoring Prakerin | 1 Maret – 30 April 2011 |
16 | Penarikan Prakerin | 25-30 April 2011 |
17 | Penyusunan Laporan | April – Juni 2011 |
18 | Ujian Prakerin | Juni 2011 |
19 | Penyelesaian Sertifikat | Juni 2011 |